Cara Mengurus Perceraian Tanpa Sidang

Cara Mengurus Perceraian Tanpa Sidang

Hadapi Perceraian Lebih Mudah Tanpa Sidang, Berapa Biayanya?

Bercerai tanpa harus mendatangi sidang perceraian di pengadilan bisa dilakukan. Anda tinggal menyerahkan kuasa kepada pengacara. Berapa biayanya?

Mengurus perceraian di majelis persidangan, baik di pengadilan agama ataupun pengadilan negeri bukanlah hal yang diinginkan setiap orang. Hanya saja, ketika seseorang merasa sudah tak lagi bisa tinggal dalam satu ikatan pernikahan dengan pasangan, mau tak mau harus menghadapi permasalahan ini. Apalagi, kalau Anda ingin mendapatkan hak atas harta bersama atau hak asuh anak.

Kalau Anda tengah menghadapi permasalahan seperti ini, sebenarnya ada 2 opsi yang bisa digunakan. Cara pertama, Anda bisa mengikuti proses persidangan seperti biasa. Pilihan ini berimbas pada terganggunya aktivitas sehari-hari, termasuk di antaranya adalah pekerjaan. Opsi kedua, Anda bisa memberikan hak kuasa secara penuh kepada pengacara perceraian sebagai perwakilan di pengadilan.

Praktik seperti ini dibenarkan oleh aturan perundang-undangan di Indonesia. Landasannya adalah UU Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama yang telah diubah oleh UU Nomor 3 tahun 2006 dan diubah untuk kedua kalinya lewat UU nomor 50 tahun 2009. Di situ dijelaskan bahwa kedua pihak yang berkepentingan dalam sidang perceraian, boleh memberikan kuasanya kepada orang lain sebagai perwakilan. Namun dalam prakteknya tidak semua agenda dalam persidangan dapat diwakili oleh pengacara yaitu agenda untuk mediasi dan ikrar talak, meskipun boleh diwakili pengacara ada syarat khusus yang harus dipenuhi yaitu klien berada di luar negeri dan pemberian surat kuasa harus dengan surat kuasa notariil / surat kuasa yang dibuat dan ditanda tangani di hadapan notaris.

Hanya saja, ketika memilih untuk menyerahkan kuasa secara penuh kepada pengacara perceraian, Anda harus memikirkannya secara matang. Pastikan bahwa pengacara yang dipilih merupakan sosok yang tepercaya. Selain itu, pastikan pula untuk melakukan komunikasi secara intens agar Anda bisa mendapatkan informasi terbaru terkait perkembangan situasi persidangan.

Rincian Biaya Perceraian Tanpa Sidang

Proses perceraian tanpa sidang tetap harus dilakukan lewat pengadilan, baik di pengadilan agama ataupun pengadilan negeri. Bedanya, Anda memilih untuk tidak mendatangi sidang tersebut, dan diwakili oleh tenaga pengacara. Oleh karena itu, skema biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengurus perceraian tanpa sidang pun tak jauh berbeda dengan sidang perceraian biasa.

Ada 3 jenis biaya yang harus Anda keluarkan, yakni :

1. Biaya Pengacara

Biaya untuk menyewa jasa pengacara menjadi pengeluaran terbesar ketika menghadapi sidang perceraian di pengadilan. Biaya tersebut bisa jadi lebih banyak kalau Anda memilih untuk menyerahkan kuasa secara penuh kepada pengacara. Selain itu, Anda juga perlu tahu skema tarif yang diberlakukan.

Secara umum, terdapat 2 jenis skema tarif yang digunakan oleh para pengacara di Indonesia. Skema pertama, Anda dikenakan tarif penggunaan layanan per jam. Skema yang kedua, terdapat model pembayaran secara tunai. Anda bisa memilih salah satu model biaya yang bisa digunakan.

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa biaya untuk menyewa pengacara digunakan tidak hanya untuk honorarium. Biaya tersebut juga termasuk biaya operasional, biaya perkara, biaya transportasi, biaya akomodasi, ataupun biaya sidang. Tidak ketinggalan, pengacara juga bisa mendapatkan biaya tambahan kalau berhasil memenangkan sidang.

Sebagai informasi tambahan, Anda akan mendapati bahwa rata-rata biaya yang diperlukan untuk menyewa jasa pengacara cukup tinggi. Di Kota Jakarta, biaya untuk sewa pengacara, berkisar antara Rp10 sampai 60 juta. Penentuan jasa tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai kesulitan yang dihadapi pengacara.

2. Biaya Panjar Perkara

Biaya panjar perkara merupakan biaya yang harus dibayarkan penggugat kepada pihak pengadilan. Biaya ini digunakan untuk operasional pelaksanaan sidang. Biasanya, nominal biaya panjar perkara ditentukan secara gamblang oleh pihak pengadilan. Selain itu, dalam penentuannya biaya ini juga mempertimbangkan jarak tergugat dengan pengadilan.

3. Biaya penerbitan akta cerai

Biaya yang terakhir merupakan pengeluaran yang diperlukan untuk menerbitkan akta perceraian. Untuk mendapatkan akta perceraian ini, Anda bisa mengurusnya lewat kantor catatan sipil.

Itulah rincian biaya yang perlu Anda keluarkan kalau ingin mengurus perceraian tanpa harus mendatangi sidang. Namun ketika anda menggunakn jasa Pengacara dari Kantor Advokat Ali Mansur, M.H. & Partners, anda tidak perlu mengeluarkan ketiga biaya tersebut, anda cukup mengeluarkan satu kali biaya yang sudah mencakup biaya operasional, panjar perkara dan pembuatan akta cerai dan anda tidak perlu khawatir akan dimintai biaya-biaya lain yang tidak jelas peruntukannya seperti pengacara pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.